Simpulan

By Rahmat Febrianto On Saturday, November 15, 2008 At 1:01 PM

Tanya:
Apa yang disebut dengan simpulan penelitian? Apa bedanya dengan ringkasan penelitian?


Jawab:
Simpulan secara harfiah berarti ikhtisar (dari suatu pendapat atau suatu kejadian) berdasarkan apa-apa yang diuraikan di dalam karangan, pidato, dan sebagainya. Simpulan, terutama di dalam laporan penelitian, harus dibedakan dari ringkasan penelitian karena ringkasan penelitian biasanya disebut dengan abstrak. Sehingga, simpulan harus memuat apa yang sebenarnya anda “dapat” dari keseluruhan penelitian yang anda lakukan. Artinya, simpulan adalah intisari dari hasil penelitian anda dan bukan ringkasan. Dengan kata lain, simpulan penelitian bukan berisi ringkasan temuan belaka, apalagi data statistik, melainkan apa yang berada di balik fakta. Misalnya, anda menulis di buku harian anda kegiatan anda tiap jam selama hari ini. Anda bangun jam 05 pagi, jam 05.30 sudah di jalan menuju kantor dan rapat sudah dimulai jam 07.00. Jam 10 rapat baru selesai dan 30 menit kemudian anda sudah rapat di kantor klien yang letaknya cukup jauh dari kantor anda. Rapat berjalan hingga jam 13.00. Jam 16.00 anda sudah harus memasukkan tawaran kepada klien lain dan mempresentasikan kedua hasil kerja anda kepada atasan jam 18.00. Jam 19.00 anda sudah harus hadir di jamuan makan malam dengan klien ketiga dan menegosiasikan pekerjaan anda setelah itu. Jam 23.00 anda pulang. Yang anda lakukan di atas adalah membuat ringkasan. Sedangkan yang disebut dengan simpulan adalah apa yang anda “rasakan” atau alami dari kegiatan anda hari ini. Jika anda lihat dari padatnya kegiatan di atas, maka simpulannya adalah anda capek atau anda sangat sibuk.




Tanya:
Lalu bagaimana cara menulis simpulan yang benar?


Jawab:
Agar bisa demikian, anda harus melihat kembali hasil penelitian anda dan hubungkan dengan landasan teoretis yang anda bangun sebelumnya. Misalnya, di landasan teoretis anda menduga ada hubungan positif antara variabel dependen dengan independen, namun uji statistik menunjukkan hasil yang berlawanan. Dari sini anda coba mencari jawaban apa yang bisa menjelaskan perbedaan hasil dengan hipotesis tersebut. Jawaban atau penjelasan tersebutlah yang dikatakan sebagai simpulan. Kadang-kadang seorang peneliti harus mencari jawaban di dalam artikel-artikel lain selain yang telah digunakannya membangun kerangka teoretis, terutama jika temuan anda tidak sesuai dengan hipotesis awal.




Tanya:
Lalu bagaimana dengan abstrak atau ringkasan penelitian?


Jawab:
Abstrak atau ringkasan penelitian dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pembaca artikel anda untuk mengetahui apa yang telah anda teliti tanpa harus membaca seluruh tulisan anda. Jadi, membaca abstrak bisa menghemat waktu anda. Selain itu juga bisa menghemat uang anda, terutama jika anda mengakses artikel dari internet mengharuskan anda untuk membayar artikel yang anda ingin baca. Situs-situs yang menerbitkannya biasanya menampilkan abstrak secara gratis dan abstrak tersebut bisa membantu anda untuk, setidaknya, memastikan apakah artikel yang anda cari relevan dengan kebutuhan anda atau tidak.




Tanya:
Berapa batasan minimal panjang sebuah abstrak?


Jawab:
Sebenarnya tidak ada batasan minimal sebuah abstrak, tapi yang ada adalah batasan maksimalnya. Sebuah abstrak harus ditulis seringkas mungkin agar orang bisa membaca dengan cepat. Sebagian jurnal meminta agar anda menulis tidak lebih dari 100 atau 150 kata.




Tanya:
Apa yang harus ada di dalam sebuah abstrak penelitian?


Jawab:
Karena merupakan ringkasan penelitian, maka anda harus bisa meringkas semua hal-hal penting yang ada di dalam penelitian anda. Pertama, anda harus menjelaskan apa tujuan penelitian termasuk pertanyaan penelitian yang anda ajukan. Kedua, anda harus menjelaskan seringkas mungkin metoda penelitian. Untuk metoda penelitian ini, anda sebaiknya menjelaskan sampel, model atau persamaan (termasuk apakah anda menggunakan persamaan yang anda bangun sendiri atau anda kembangkan dari persamaan orang lain). Ketiga, bagaimana hasil dan simpulan anda. Ingat, anda sebaiknya menjaga abstrak anda dalam batasan 100 sampai dengan 150 kata.

for this post

Leave a Reply